Sabtu, 04 Juni 2011

Pengenalan Jaringan Komputer

  1. Apakah Jaringan Komputer Itu?
          Secara sederhana jaringan komputer dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa komputer dan peralatan lain yang saling terhubung menggunakan aturan - aturan tertentu. Hubungan ini dapat terjadi menggunakan media fisik berupa kabel ataupun melalui gelombang radio, infrared bahkan satelit. Setiap peralatan yang tersambung kejaringan disebut node

      2.  Jenis - Jenis Jaringan Komputer
      Dilihat dari ruang lingkup jangkaunya, jaringan komputer dibedakan menjadi :

  • LAN ( Local Area Network ) merupakan jenis jaringan yang terletak pada suatu lokasi dengan jangkauan dan area terbatas, misalnya dalam lokal sebuah gedung.
  • MAN ( Metropolitan Area Network), jenis jaringan ini merupakan pengembangan dari jaringan LAN yang memiliki jangkauan lebih luas tidak terbatas pada suatu lokasi gedung saja  tetapi dapat menjangkau antar kota.
  • WIDE ( Wide Area Network ), jangkaunnya mencakup daerah yang lebih luas misalnya antar propinsi, negara bahkan benua.  
      Sedangkan jika dilihat dari cara pengaksesan data, jaringan komputer terbagi menjadi :
  •  Client - Server, jenis jaringan ini terdapat komputer yang bertindak sebagai server dan komputer yang berperan sebagai client ( workstation).Secara normal komputer server dapat mengontrol sepenuhnya computer client.
  • Peer to Peer merupakan jenis jaringan yang tidak memerlukan server secara khusus. karena komputer yang terhubung pada jaringan dapat bertindak sebagai server ataupun client. Contoh hubungan komputer ke komputer.      
      3.  Komponen Dasar Jaringan Komputer
           Untuk dapat membangun sebuah jaringan, ada beberapa komponen dasar yang harus dipenuhi yaitu:
  •  Hub
           Hub adalah komponen jaringan yang memiliki port - port. Umumnya hub memiliki jumlah port mulai        dari 4, 6, 8, 16, 24 sampai 32 plus 1 port ( uplink ) untuk menghubungkan ke server atau ke hub lain. Hub digunakan untuk menyatukan kabel - kabel network dari tiap - tiap workstation, server atau perangkat lain.
  • Bridge dan Switch
          Bridge digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah walaupun menggunakan media penghubung dan model atau topologi berbeda. Jadi mirip dengan jembatan pada kehidupan sehari - hari kita. sedangkan switch bentuknya mirip dengan hub, bedanya switch lebih pintar karena mampu menganalisa paket data yang dilewatkan padanya sebelum dikirim ketujuan. Selain itu juga ia memiliki kecepatan transfer data dari server ke workstation atau sebaliknya.
  • Router
          Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau mjemfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan protokol tertentu. Seperti bridge, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan model LAN bahkan WAN.
  • Modem
          Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia ataupun sebaliknya.
  
     
 


     
             
                      



Tidak ada komentar:

Posting Komentar