Jumat, 03 Juni 2011

PERIPHERAL

PERIPHERAL adalah perangkat tambahan yang yang berguna untuk menambah kinerja komputer (PC). Ada bermacam-macam jenis peripheral, diantaranya adalah:

1.          Scanner  
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto copy. Mesin foto copy, hasilnya dapat langsung kita lihat pada kertas, sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian kita dapat merubah dan memodifikasi hasil scanner sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya kesebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang 6 inchi dan beratnya sekitar 3 ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII( American Standard Code for Information Interchange).

Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar didunia dengan berbagai merk. Diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard (HP), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi.
Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk yang ada terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya, penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
Cara kerja Scanner :
Ketika kita menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
  1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman keunit scanning.
  2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ketempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
  3. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
  4. jika lampu sudah tidak menyala, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
  5. Apabila hasil atau tampilan teks atau gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software - software aplikasi yang ada. Misalnya dengan  Adobe photoshop, pot scanned dll.
          Terdapat beberapa jenis Scanner bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
·                     Scanner gambar
·                     Scanner barcode
·                     Scanner sinar-X
·                     Scanner cek
·                     Scanner logam
·                     Scanner Optical Mark Reader (OMR)
          Di antara jenis-jenis scanner tersebut, Scanner gambar adalah yang paling sering disebut sebagai Scanner. Seperti hal nya pada Scanner OMR, Scanner gambar juga dapat digunakan sebagai Scanner  Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).
Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, Scanner gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
·               Flatbed
          Pada Scanner gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca Scanner, kemudian lampu dan sensor Scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
·                 Automatic Document Feeder (ADF)
Pada Scanner gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik Scanner dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu Scanner, sensor Scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.
v  Keunggulan Scanner Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
o      Kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
o      Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
o      Dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah discanner.
o      Sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen


Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
  1. Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
  2. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.
Scanner yang pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit/angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Jadi, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.

2.          LAN (Local Area Network)
(LAN) Local Area Network adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer To Peer dan jaringan Client Server. Pada jaringan Peer To Peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan.
Local area network scheme
Sebuah Local Area Network (LAN) pada dasarnya diartikan sebagai sebuat network dari kumpulan komputer yang berada pada lokasi yang sama. Sebuah LAN diartikan sebagai Single Broadcast Domain, artinya ada sebuah Broadcast informasi dari seorang user dalam LAN, Broadcast akan diterima oleh setiap user lain dalam LAN tersebut. Broadcast yang keluar dari LAN bisa di Filter dengan Router. Susunan dari Broadcast domain tergantung juga dari jenis koneksi fisik perangkat network-nya. Virtual Local Area Network (VLAN) dikembangkan sebagai pilihan alternatif untuk mengurangi Broadcast Traffic.
3.          Digital Camera
Merupakan sebuah kamera yang berkeupayaan untuk menangkap photo secara terus ke dalam image yang berbentuk digital dan menyimpannya didalam kamera tersebut untuk tujuan pindah-turun kemudian.
Jumlah simpanan photo dan resolusinya adalah bergantung kepada sesebuah kamera.
Gambar yang dihasilkan tidak perlu dicuci, ia hanya boleh dicetak dengan menggunakan pencetak yang berkeupayaan mencetak photo.
Biasanya setiap kamera digital disertakan dengan perisian untuk tujuan pindah-turun gambar dan juga kemaskinian atau suntingan.

4.          Modem (Modulator Demodulator)
Modem atau singkatan dari MOdulator DEModulator merupakan piranti output yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain yang dengan menggunakan talian atau saluran telepon.
Cara kerjanya: Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Dengan demikian seseorang dapat mengakses suatu komputer dalam jaringan melalui komputer yang berada ditempat lain atau biasa disebut dengan Remote Access (akses jarak jauh). Misalnya saja akan mengakses jaringan komputer dikantor dengan menggunakan komputer dirumah.
          Menurut definisi dari kamus Fajar Bakti modem mempunyai arti “piranti yang boleh menukar strim bit digital manjadi isyarat analog yang sesuai untuk penghantar kedalam beberapa saluran komunikasi analog (pemodulot) dan boleh menukar isyarat analog masuk kembali menjadi isyarat digital.
Dengan kata lain modem merupakan suatu alat komunikasi untuk manukarkan maklumat dari bentuk digital kepada analog (dari komputer ke saluran telpon) dan menukar balik analog kepada digital (dari saluran telepon kesaluran komputer). Kelajuan paling tinggi bagi analog modem adalah 56Kbps. Perangkat modem dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya:
·        Internal Modem

Modem Internal 56kbps PCI slot modem
Internal modem terletak atau dipasang didialam komputer. Modem ini bentuknya berupa kartu yang dipasang pada slot expensi (Expension Slot).

·        External Modem
Modem eksternal 28.8kbps serial-port modem dari MotorolaExternal modem dipasang diluar komputer dan terhubung pada salah satu port serial (COM port) yang ada. Berbeda dengan modem internal yang tidak memerlukan catudaya karna posisinya, sedangkan modem external memerlukan catudaya.
Selain kedua jenis ini, ada juga jenis modem yang berbentuk card/kartu PCMCIA, yaitu kartu ekspensi yang digunakan pada komputer note book yang biasa disebut dengan PC Card. Modem jenis ini hanya digunakan pada komputer jenis note book. Modem ini memungkinkan komputer note book bisa berkomunikasi disembarang tempat dimana terdapat saluran telepon. Bahkan saat ini sudah ada modem PCMCIA yang bisa menggunakan jaringan telepon seluler.
          Jika ingin membeli modem ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:
*       Kecepatan transfer data pada modem biasa disebut dengan bound rate. Saat ini kecepatan modem telah mencapai 56 kbps (56 kilo bit per second), baik untuk modem internal dan eksternal.
*       Kemampuan penempatan data (data comprsion). Kemampuan penempatan data ini akan mempengaruhi kecepatan transfer untuk data yang berukuran besar.
*   Fasilitas Error Correction. Fasilitas error correction yang bagus memungkinkan anda untuk melakukan komunikasi dan transfer data pada media yang tidak begitu baik.
          Lepas dari semua itu, kecepatan modem memang sangat dipengaruhi oleh kondisi media komunukasinya (misalnya, kondisi saluran telepon). Kondisi media yang kurang baik akan menurunkan kinerja dari modem tersebut. Disinilah fungsi fasilitas Error Correction sangat dibutuhkan. Semakin bagus fsilitas ini akan semakin besar pengaruh yang dirasakan pada media yang kurang baik.
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).
Modem kabel tampak dari belakang dengan soket-soketnya Modem kabel tampak dari belakang dengan soket-soketnya



5.          Pencetak (Printer)
Printer atau pencetak adalah alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, baik berupa teks maupun gambar/grafik, biasanya diatas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Teknologi Printer
Dari waktu ke waktu, teknologi printer terus berkembang sehingga mau tidak mau bagi seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer dan peralatan lainnya harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Printer dalam bahasa Indonesianya berarti pencetak (alat cetak). Istilah 'printer' saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi.
Fungsi printer
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus. Menurut jenisnya pencetak atau printer dibagi menjadi 3, yaitu:
·    Dot Metricks Printer
Printer Dot Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis Dot Matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet/ bubble jet dan laser.
·        Inkjet/ Bubble Jet Printer
Inkjet/ Bubble Jet  printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Tinta yang digunakan berupa tinta cair. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
·    Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal. Printer ini menggunakan tinta untuk media pencetak. Hanya saja yang digunakan adalah tinta kering. Berbeda dengan inkjet yang menggunakan tinta cair untuk media pencetaknya.

6.          NETWORK INTERFACE CARD (NIC)
Network interface card  (NIC) bertindak sebagai interface fisik atau penghubung antar computer dan kabel jaringan. Card dipasang pada slot tambahan yang terdapat di masing-masing  cpu computer. Setelah card terpasang, kabel jaringan dipasang keport yang terdapat di NIC agar computer yang satu dengan yang lain dapat berhubungan secara fisik. Setelah dipasang secara fisik, NIC perlu dikonfigurasikan terlebuh dahulu sebelum dapat digunakan.
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
·         Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk .
·         Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
·         Akses informasi: contohnya web browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server).
Fungsi-fungsi NIC adalah sebagai berikut :
v    Mempersiapkan data dari computer agar dapat dilewatkan ke media penghubung.
v    Mengirim data, program dll ke computer lain.
v    Mengontrol aliran data antar computer.

NIC digunakan pada jaringan bertopologi bus atau ring untuk memperpanjang jangkauan jaringan.

7.          USB (Universal Serial Bus)





USB atau singkatan dari Universal Serial Bus merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 Mbps ( juta bit per detik).        Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port (tempat untuk memasukkan kabel USB). Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan paralel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya.
# Beberapa keistimewaan USB





*   Komputer bisa diposisikan menjadi sebuah host
*   Lebih dari 127 perangkat dapat tersambung ke komputer secara langsung maupun menggunakan hub USB
*   Kabel USB yang digunakan secara langsung bisa mencapai 5 meter.

     Sedangkan jika menggunakan perangkat hub (alat untuk menghubungkan dan memperkuat sinyal dari satu komputer ke komputer lainnya melalui media kabel) bisa mencapai 30 meter. Perangkat USB bersifat 'hot swappable' artinya perangkat keras yang sudah menggunakan port USB bersifat plug and play (bisa langsung dikenali dan digunakan oleh komputer).
# Kabel USB
Jika dibuka, kabel USB akan terlihat ada 4 warna, yaitu merah, coklat, kuning dan biru. Kabel berwarna merah dan coklat berfungsi sebagai power / untuk arus listrik. Kabel berwarna kuning dan biru berfungsi untuk membawa / mentransfer data.
Cara Menghubungkan USB Flash disk dengan Komputer
Flash disk merupakan salah satu perangkat yang menggunakan USB port untuk menghubungkannya dengan komputer. Flash disk berfungsi sebagai media penyimpanan data. Cara menghubungkan Flash disk ke komputer sangat mudah. Masukkan flash disk tersebut ke port USB yang telah tersedia. Jika komputer kita menggunakan Windows XP maka secara otomatis Flash disk tersebut akan dikenali. Sedangkan jika kita menggunakan windows 98 atau windows 9x maka biasanya driver Flash tersebut harus terlebih dahulu di install. Setelah Flash disk dikenali kita sudah bisa memulai menyalin data dari  flash disk ke hardisk kita.

8.          Sound Card (Kartu Suara)

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:

  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  • Sound Card External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau Fire Wire.
 Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit, kemudian 16 bit, dan sekarang sudah 24 bit, bahkan 32 bit.
9.          TV Tuner
     Saat ini TV Tuner bisa didapatkan/dibeli ditoko-toko yang menjual perangkat komputer. TV Tuner adalah sebuah hardware (perangkat keras) untuk menangkap siaran televisi yang selangkah lebih maju dari TV dan radio stereo biasa.
Dengan TV Tuner kita dapat merekam siaran televisi yang sedang ditonton (video capture) dan dapat diputar kemudian dengan Windows Media Player. Dan kita juga dapat menangkap (memotret) gambar televisi dan menyimpannya kedalam hard disk (snapshot), kemudian membuatnya menjadi wallpaper atau menggabungkannya ke dalam naskah. Demikian juga dengan radio, anda dapat merekam siaran radio FM dan menyimpannya secara otomatis ke dalam hard disk (sound capture). Gambar yang dihasilkan TV Tuner sama seperti gambar yang dihasilkan televisi biasa, dan suara radio FM yang dihasilkan TV Tuner sama seperti radio stereo. Sedangkan hasil rekaman yang dihasilkan TV Tuner sama seperti aslinya (baik untuk TV maupun radio). Dengan TV Tuner, kita sudah memiliki TV dan Radio FM dalam komputer kita
Sebelum menonton TV di komputer, TV Tuner yang kita punyai harus dipasang pada CPU Komputer kita (card TV Tuner dipasang pada slot yang masih kosong pada CPU). Setelah itu, baru diinstal software pendukungnya yang biasanya terdapat dalam satu paket yang kita beli. TV Tuner dapat dijalankan di komputer yang mempunyai sistem operasi Windows 98 SE, Windows Me, Windows 2000 maupun dengan Windows XP.dan radio FM.
Selain dengan TV Tuner card, ada sebuah alat lagi yang membuat kita bisa menonton TV dengan komputer. Alat ini tidak perlu dimasukkan/dipasang dalam CPU komputer. Alat ini bisa diletakkan di atas CPU atau meja lain, kemudian dihubungkan ke CPU komputer dengan sebuah kabel. Alat ini juga memiliki sebuah antena, yang berfungsi menangkap sinyal siaran televisi dan radio. Alat ini lebih mudah digunakan dan bersifat portable (dapat digunakan pada komputer yang lain). Sekilas, bentuknya mirip seperti modem eksternal.

10.       Kartu Gravis (VGA Card)


Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.



11.   Speaker
 
speaker
Speaker adalah komponen elektronika yang menerima sinyal masukan dan memberikan respon keluaran berupa frekuensi audio  (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar